SMP Negeri 2 Kembaran

Inovatif, Kolaboratif dan Inspiratif

Pesan Moral Sebuah Operasi Matematika

4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 4 x 6 ataukah 6 x 4? Itulah kehebohan tentang operasi perkalian dalam matematika sekolah dasar baru-baru ini yang muncul dimedia social. Berawal dari pekerjaaan rumah seorang anak SD yang didapat dari gurunya dan dalam penyelesaiannya dibantu oleh saudaranya yang sedang duduk dibangku kuliah. Sang saudara tidak terima karena nilai yang didapat oleh adiknya ternyata tidak memuaskan dan mengunggah dimedia sosialnya dan melibatkan para professor dari LPTK ternama dalam perdebatan perbedaan konsep itu, menurut versi sebuah media online. Sang Kakak tidak terima karena menurut sang kakak bahwa bagaimanapun prosesnya yang penting hasilnya sama yaitu 24.

Dari kacamata sang guru konsep operasi matematika seperti diatas tentu mengandung makna dan nilai filosofi yang harus dipetik. Harus ada moral value yang harus ditanamkam kepada semua anak didiknya untuk dijadikan bekal dalam kehidupan sosialnya dimasa depanya. Dan inilah yang sedang kita rasakan bersama betapa bangsa ini bergitu rapuh bukan lain karena anak bangsa ini sudah mulai melupakan nilai-nilai moral dari sebuah tindakan. Kurikulum 2013 yang baru diterapkan dan baru berlangsung seumur jagung mengisyaratkan bahwa pendidikan saat ini sudah bergeser dan menekankan pada perubahan sikap diantaranya sikap spiritual dan sikap sosial selain dua sikap lain yaitu pengetahuan dan ketrampilan.

Ada dua versi pemahaman tentang konsep operasi perkalian dalam matematika. Satu sisi mengatakan bahwa 4 x 6 adalah sama dengan 6 x 4, satu sisi mengatakan bahwa hal itu beda. Dikaitkan dengan ‘tujuan’ kita mempelajari sesuatu maka kita akan tahu perbedaan dari pola-pola diatas, kapan harus menuliskan 4 x 6 dan 6 x 4.

Saat kita sakit dan pergi ke dokter kita akan menerima resep minum obat dari dokter. Lazimnya sang dokter menuliskan dalam resepnya atau dalam label obatnya agar kita meminun obatnya 3 x 1 sehari. Pengertiannya pagi meminum satu obat, siang meminum satu obat dan sore atau malam satu obat lagi, itulah artinya 3 x 1. Anda bisa membayangkan apa jadinya orang yang sedang sakit kemudaian mendapat lima jenis obat. Apabila pemahmanya terbalik maka pasien akan memakan 15 butir obat dalam satu waktu, matilah si pasien.

Dalam sebuah kegiatan pembelajaran bukan hanya berorientasi pada hasil yang harus benar tetapi juga memahami apa makna dari sebuah operasi atau seperti diatas. Artinya adalah mengapa seseorang melakukan dengan cara tersebut tentu ada makna atau value yang dikandung didalamnya.

Lebih jauh lagi secara prinsip kurikulum 2013 kegiatan pembelajaranya merupakan proses yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia.

Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan. Lebih lanjut, strategi pembelajaran harus diarahkan untuk memfasilitasi pencapaian kompetensi yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum agar setiap individu mampu menjadi PEBELAJAR MANDIRI sepanjang hayat.

Di dalam pembelajaran, peserta didik didorong untuk menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan yang sudah ada dalam ingatannya, dan melakukan pengembangan menjadi informasi atau kemampuan yang sesuai dengan lingkungan dan jaman tempat dan waktu ia hidup.

Kurikulum 2013 menganut pandangan dasar bahwa pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari guru ke peserta didik. Peserta didik adalah subjek yang memiliki kemampuan untuk secara aktif mencari, mengolah, mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan. Untuk itu kegiatan pembelajaranya berkenaan dengan kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuan dalam proses kognitifnya. Agar benar-benar memahami dan dapat menerapkan pengetahuan, peserta didik didorong untuk bekerja memecahkan masalah, menemukan segala sesuatu untuk dirinya, dan berupaya keras mewujudkan ide-idenya.

Guru memberikan kemudahan untuk proses ini, dengan mengembangkan suasana belajar yang memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan, menerapkan ide-ide mereka sendiri, menjadi sadar dan secara sadar menggunakan strategi mereka sendiri untuk belajar. Guru mengembangkan kesempatan belajar kepada peserta didik untuk meniti anak tangga yang membawa peserta didik kepemahaman yang lebih tinggi, yang semula dilakukan dengan bantuan guru tetapi semakin lama semakin mandiri. Bagi peserta didik, pembelajaran harus bergeser dari “diberi tahu” menjadi “aktif mencari tahu”.

Share this post to

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita yang lain

Pengumuman PPDB SMP Negeri 2 Kembaran 2024

PESERTA DIDIK DITERIMA MELALUI JALUR ZONASI NO NOMOR NAMA SISWA JENIS KELAMIN ASAL SEKOLAH PENDAFTARAN 1 9212 AFLAH RASYID MAULANA LAKI-LAKI SD NEGERI 1 PLIKEN 2 14434 AJENG ALFINA RESTIANI PEREMPUAN SD NEGERI PURWODADI 3 4283 ALIF FAJAR MUSYAFA LAKI-LAKI SD NEGERI LINGGASARI 3 4 3583 ALIFAH ADELIA PUTRI PEREMPUAN SD NEGERI 1 BANTARWUNI 5 15579 ALIYATUL ROMADHANI PEREMPUAN SD NEGERI 1 BOJONGSARI 6 774 ALIZIA ITSAR AYYASI PEREMPUAN SD NEGERI TAMBAKSARI 7 4237 ALMARATUSH SHOOLIEHAH PEREMPUAN MI AL FATAH PURWODADI 8 2532 ALODIA ROSSA PEREMPUAN SDN 2 BOJONGSARI 9 8182 ALTHOOF SETYAJI LAKI-LAKI SD NEGERI 1 BOJONGSARI 10 6659 ALVIN ADRIYANTO LAKI-LAKI SD NEGRI KARANGTENGAH 11 5290 ANDRESTA EKA SAPUTRA LAKI-LAKI SDN 2 BOJONGSARI 12 23783 ANNIS NUR AZIZAH PEREMPUAN SD NEGERI 2 MERSI 13 14751

Read More »

Alur Pelaksanaan PPDB 2024

Berikut adalah penjelasan dari alur pelaksanaan PPDB Online Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Banyumas periode 2024 / 2025   Rumusan Pilihan Jalur PPDB Online Banyumas 2024 Alur Pendaftaran AKUN MANDIRI PPDB Online Banyumas 2024 Alur Pendaftaran STEP 2 PPDB Online Banyumas 2024 Alur Pendaftaran STEP 4 PPDB Online Banyumas 2024 Alur Pendaftaran STEP 5 PPDB Online Banyumas 2024 Rumusan Pemeringkatan / Perankingan Data

Read More »

Ratusan liter Eco Enzyme siap pakai berhasil dipanen dari pelaksanaan P5 SMP Negeri 2 Kembaran

  Ratusan liter Eco Enzyme siap pakai berhasil dipanen dari pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMP Negeri 2 Kembaran selama Januari hingga April 2024. Produk ini berhasil dipanen setelah mengalami proses fermentasi dalam botol tertutup  selama 90 hari. Eco Enzyme adalah hasil fermentasi limbah organik menjadi bahan yang mempunyai bahnyak manfaat untuk alam dan manusia. Manfaat Eco Enzyme untuk pertanian adalah sebagai filter udara, herbisida dan pestisida alami, filter air, pupuk alami untuk

Read More »

Jalan Raya Purwodadi, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Subscribe Now

Don’t miss our future updates! Get Subscribed Today!

Free counters!

Copyright©2023. SMPN2Kembaran. All Rights Reserved.

Translate to »